RSS

Make a collaborative journal

04 Jan

Laporan penelitian dari

 

Nim             : 1133469613

Nama          : Ari Akhmaludin

Jurusan       : Sistem komputer

Konsentrasi : CCIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BELAJAR-MENGAJAR PENGANTAR TEKHNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN iPad

 

Abstrak

 

Saat ini, di dunia yang sudah sangat maju ini perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi ngatlah pesat. Tekhnologi informasi saat ini telah banyak membantu manusia dalam berbagai hal, membuat semua yang dilakukan lebih efisien dan hemat waktu. Dalam segi belajar-mengajarpun tak luput dari peran serta dunia TI, contohnya penggunaan iPad di bidang edukasi atau pembelajaran. Paper ini membahas tentang belajar-mengajar pengantar tekhnologi informasi menggunakan iPad sebagai model pengembangan di dalam bidang pendidikan yang lebih efisien. Cara belajar-megajar ini dengan menggunakan iPad, sebuah gadget yang telah di pasarkan oleh perusahaan Apple. Dalam pengajarannya, program ini menggunakan sebuah buku cetak yang telah dibuat dan di produksi oleh Perguruan Tinngi Raharja yang disebut iBook. Dalam pengerjaan tugas dan pengumpulan tugaspun dapat di kirim melalui e-mail. Program ini membuat kita tidak memerlukan lagi jasa dari sebuah buku yang membuat kita harus membelinya, kemudian menulisnya. Untuk mendapatkan bukti yang kongkrit dan aplikatif, program ini telah di uji coba dan diterapkan dalam bidang akademik pada Perguruan Tinggi Raharja sebagai tempat pengembangan dan penelitian belajar-mengajar menggunakan iPad dilakukan. Hasil akhir pengujian menunjukan bahwa Belajar-Mengajar Pengantar Tekhnologi Informasi menggunakan Ipad dapat memaksimalkan pengajaran, membuat waktu dan tenaga menjadi lebih efisien, juga membuat mahasiswa menjadi aktif. Program ini juga mampu melakukan perubahan besar terutama dalam bidang pendidikan yang selama ini selalu menggunakan alat tulis dan media bantu lainnya menjadi alat praktis yang mudah digunakan untuk proses belajar-mengajar.

Kata kunci : iPad, gadget, iBook, e-mail

Abstract

Today, the world is already very advanced technological development of information and communication ngatlah rapidly. Current information technology has helped many people in various ways, making all who made more efficient and saves time. In terms of teach-learning not escape the role of the IT world, for example the use of IPAD in the field of education or learning. This paper discusses the introduction of teaching and learning using information technology as a model iPad development in the field of education more efficient. How to teach-learning this by using the iPad, a gadget that has been marketed by the company Apple. In teaching, this program uses a textbook that has been created and produced by the Higher Education Raharja called the iBook. In the collection of duties and workmanship the homework can send via e-mail. This program makes us no longer need the services of a book that makes us have to buy it, then write it. To obtain concrete evidence and applicable, this program has been tested and applied in the academic field in Higher Education Raharja as a place for developing and teaching and learning research conducted using the iPad. The final results of testing showed that the Learning-Teaching Introduction to Information Technology using the iPad can maximize teaching, make the time and effort to become more efficient, it also makes students become active. The program is also able to make any substantial changes, especially in the field of education which has always been using stationery and other auxiliary media into a practical tool that is easy to use for teaching and learning process.

Key words: iPad, gadget, iBook, e-mail

  1. 1.    Pendahuluan

 

Pesatnya kemajuan tekhnologi di berbagai bidang meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi umat manusia. Tekhnologi informasi saat ini menjadikan manusia lebih aktif dan berpengetahuan tinggi hanya dalam beberapa ketikan jari saja. Inipun yang membuat sektor pendidikan menjadi lebih pesat berkembang dengan memanfaatkan segala kemajuan tekhnologi, contohnya iPad.

Meskipun demikian, masih banyak institusi-institusi pendidikan yang belum mengenal tentang iPad, apa fungsi iPad, dan apa saja yang terrdapat dalam iPad. Penyebab yang membuat semua ini terjadi yaitu karena belum adanya penyuluhan dan pemberitahuan tentang manfaat yang bisa di berikan oleh iPad dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pelajaran Pengantar Tekhnologi Informasi. Belajar-Mengajar menggunakan iPad sangat penting bagi berbagai institusi untuk membuat mahasiswanya menjadi lebih aktif, berpengetahuan tinggi, dan mempunyai daya saing internasional.

Permasalahan yang sedang di alami ini di bidang pendidikan inilah yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini. Selain itu, menurut hasil peneliatian di beberapa perguruan tinggi, masih ada yang belum menggunakan gadget (iPad) sebagai alat bentu belajar-mengajarnya. Cara belajar-mengajar seperti inilah yang belum efektiv dan sangat membutuhkan banyak waktu serta biaya, contohnya untuk membeli buku dan alat tulis.

Dalam pandangan lain, waktu dan tenaga pun harus bisa digunakan dengan maksimal dan sebaik mungkin agar tidak menghambat proses belajar-mengajar. Oleh sebab itulah, penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan institusi-institusi tentang apa fungsi dsn kegunaan iPad pada sektor pendidikan dengan objek mata kuliah Pengantar Tekhnologi Informasi.

Metode Belajar-Mengajar Pengantar Tekhnologi Informasi menggunakan iPad ini dibuat menggunakan metodologi iBook. iBook adalah sebuah aplikasi pada iPad yang menyajikan sebuah perpustakaan buku yang memungkinkan pengguna dapat membawa semua buku yang ia punya setiap hari tanpa perlu repot menenteng tas untuk membawanya.

 

 

2. hasil dan Perumusan Masalah

 

 

2.1 iBook

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. iBook

iBook adalah sebuah aplikasi yang terdapat dalam iPad yang bertujuan agar pengguna dapat menyimpan buku yang dibutuhkan kapanpun dia mau. iBook adalah salah satu faktor terpenting dalam proses Belajar-Mengajar Menggunakan iPad. iBook sendiri dibuat dan di produksi oleh Perguruan Tinggi raharja untuk kebutuhan mahasiswanya dalam proses pembelajaran di dalam kampus. Mahasiswa kini tidak perlu lagi menggunakan buku dan membawa tas yang berisikan setumpuk buku di dalamnya. Kini mereka hanya perlu membawa iPad yang praktis, ringan dan mudah dibawa kapanpun dan kemanapun yang ia mau.

iBook sangat mudah di dapatkan, mahasiswa hanya perlu mendownloadnya aja pada situs RME di Perguruan Tinggi Raharja sesuai dengan nuku dan guru pembimbingnya.

2.2 Belajar-Mengajar

 

Gambar 2. Cara belajar menggunakan proyektor

Gambar dua menunjukan bahwa cara belajarpun disini dengan menggunakan sebuah proyektor yang terhubung kangsung dari iPad seorang guru mata kuliah. Disini mahasisiwa hanya tinggal mengikuti instruksi dosen saja, halaman berapap yang dibahas hanya tinggal disebutkan.

Gambar 2.1 mahasiswa belajar menggunakan iPad

Dari gambar dua titik satu terlihat bahwa mahasiswa ini sedang menggunakan iPad dari proses belajar mengajarnya. Mahasiswa hanya perlu membuka iPad kemudian memasuki aplikasi iBook dan memilih mata kuliah yang sedang berjalan.

3. Kesimpulan dan Saran

 

3.1 Kesimpulan

 

Proses Belajar-Mengajar menggunakan iPad dapat membuat mahasiswa lebih efektif memanfaatkan waktu dan pembelajarannya, mahasiswa dapat lebih aktif dan menguasai materi karena buku yang selalu ada dan mereka bawa setiap hari.

3.2 Saran

 

Laporan penelitian ini belumlah sempurna dan banyak keslahan-kesalahan dalam berbagai hal. Dengan makalah ini saya harap para institusi dapat mengambil hal positifnya sehingga membuat mahasiswa menjadi aktif, kreatif, dan berdaya saing internasional.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.arikuswanto.com/2010/11/pembuatan-aplikasi-laporan-keuangan-n2.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 4, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: